Indonesia untuk Indonesia

Hari ini aku membaca berita menarik di detik.com.

Massa PKS melakukan aksi damai menentang embargo ekonomi AS terhadap Palestina. Mereka juga menyerukan gerakan 1$/1orang, yang artinya setiap orang menyumbangkan US$1 bagi rakyat Palestina. Dalam waktu kurang dari setengah hari telah terkumpul Rp 700 juta (kurang lebih US$ 70.000). Jumlah yang luar biasa, apalagi bila mengingat bahwa massa PKS tersebut berasal dari kelas masyarakat menengah dan bawah. Target mereka adalah untuk mengumpulkan US$ 10.000.000 bagi masyarakat Palestina !!!

Berita ini menjadi menarik buatku karena memperlihatkan dengan jelas potensi bangsa ini. Kalau mau, kita semua bisa bahu membahu memperbaiki perekonomian dan kondisi sosial bangsa. Bukan dengan jumlah yang besar, tetapi hanya melalui beberapa perak saja.
Bayangkan kalau setiap kepala di negeri ini menyisihkan Rp 100 (sebuah koin yang sering tercecer)..... Maka akan terkumpul Rp 25.000.000.000 (dua puluh lima milyar rupiah) dalam waktu satu hari !!!! Jumlah yang luar biasa. Katakanlah kita melakukannya sebagai gerakan bulanan - maka dalam satu tahun akan terkumpul Rp 300.000.000.000. Dengan uang sebesar itu kita bisa memperbaiki dan membangun gedung sekolah, membangun sarana kesehatan, memperbaiki kesejahteraan guru sehingga bisa mengajar dan mendidik generasi muda bangsa ini. Ini dengan asumsi setiap orang mengumpulkan satu buah koin tipis yang hampir tidak ada nilainya kalau berdiri sendiri. Bagaimana kalau setiap orang mengumpulkan 5 buah koin.... Bagaimana kalau 30% kalangan menengah menyumbang ratusan koin.... Bagaimana kalau 3% populasi sangat kaya menyumbang jutaan koin.... Bisa dibayangkan berapa dana yang bisa kita kumpulkan !! Uang itu juga bisa dipakai untuk memberi modal bagi usaha sangat kecil, memperbaiki sanitasi perumahan rakyat....

Aku bukan orang yang tidak peduli dengan permasalahan yang dihadapi bangsa-bangsa lain.
Aku hanya mencoba menjadi realistis melihat permasalahan bangsaku sendiri. Begitu banyak, dan dapat dilihat di semua aspek kehidupan.
Betapa indahnya bila PKS juga dapat menggagas gerakan 1$/1orang yang ditujukan buat bangsa sendiri. Seperti kata pepatah: charity begins at home.
Indonesia untuk Indonesia !!!

Comments

Wautz said…
You Give and You Shall Get..
Sometimes logic doesnt play a role in divine rule..

Popular posts from this blog

Jusuf Ronodipuro

Agama saya cinta [mengutip Gede Prama]

Soekarno berdasi merah